Widget HTML Atas

Hosting Unlimited Indonesia

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut Hadiri Focus Group Discussion Intelijen Keimigrasian



JAKARTA – Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Ignatius Purwanto menghadiri kegiatan pembukaan Focus Group Discussion Intelijen Keimigrasian dengan tema “Strategi Peningkatan Peran Intelijen Keimigrasian Dalam Membangun Imigrasi Pasti”, yang bertempat di Ballroom Pullman Hotel Central Park Podomoro City, Jakarta, rabu 23 Agustus 2023

Kegiatan dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, yang menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi harus membuat Kebijakan yang Konkret dan Berkesinambungan terkait pengamanan Keimigrasian. Kemampuan Intelijen diharapkan menjadi mata dan telinga negara. FGD ini kiranya dapat berguna untuk membangun Imigrasi Pasti dan diharapkan agar para peserta dapat serius mengikuti kegiatan FGD ini.

Selanjutnya penguatan dari Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward Omar Sharif Hiariej yang menyampaikan bahwa Fungsi Intelijen adalah untuk mendeteksi dini. Intelijen merupakan langkah awal untuk mendeteksi setiap gerakan apapun dan langkah awal untuk menciptakan suatu kebijakan.

Berikutnya penguatan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Andap Budhi Revianto yang menyampaikan bahwa terdapat sasaran Pengamanan yaitu Sarana Prasarana, Kegiatan, Personel, Lokasi, dan Bahan Keterangan Informasi. Pengambilan Keputusan Pimpinan meliputi Kemampuan analisis tajam dan mendalam, perkiraan keadaan, deteksi dini, cegah dini, dan kemampuan prediktif.

Penguatan selanjutnya dari Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim yang menyampaikan peran intelijen dalam mensukseskan kebijakan maupun tugas dan fungsi keimigrasian. Intelijen harus diperkuat dengan dana operasi yang cukup. Direktorat Intelijen harus ada aspek-aspek aktif agar tidak menimbulkan kesalahan.

Kegiatan ini mengundang 6 (enam) orang Narasumber antara lain : Hendro Priyono, Tokoh Intelijen dan Militer Indonesia; Prof. Imam Santoso, Guru Besar Ilmu Hukum Unkris (Direktur Jenderal Imigrasi 2001-2006); Yohannes Wahyu Saronto, Badan Intelijen Negara; Margaretha Hanita, 

Pengamat Ketahanan Nasional Pertahanan, Intelijen, Ham dan Konflik; Connie Rahakundini Bakrie, Akademisi; dan ICE-HSI US EMBASSY Jakarta, Immigration Inteligence Strategy. Kegiatan ini dihadiri oleh Staff Ahli Menteri dan 120 orang peserta terdiri dari 60 orang Pejabat Tinggi Pratama, JFT Madya dan Pratama serta 60 orang pengampu jabatan Fungsional Tertentu dan Jabatan Fungsional Umum.//DHH-01

Tidak ada komentar untuk "Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut Hadiri Focus Group Discussion Intelijen Keimigrasian"